Seri Basic Skincare: Double Cleansing, Tahapan dan Manfaatnya Bagi Kulit

double cleansing

Dalam step perawatan kulit, double cleansing adalah salah satu langkah paling utama dan penting. Cleansing termasuk dalam basic skincare (CTMP) yang diikuti dengan toning, moisturizing, dan protecting. Tujuan utama dari step ini adalah untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran.

Cleansing bisanya menggunakan produk cleanser yang bisa berupa facial wash maupun micellar water. Proses ini umumnya memiliki dua tahapan, yaitu first cleansing dan second cleansing.

Apa bedanya cleansing dan double cleansing?

Saat ini, proses cleansing lebih populer dengan sebutan double cleansing. Sebenarnya tidak ada bedanya, hanya saja double cleansing biasanya menggunakan 2 jenis cleanser (pembersih wajah) yang berbeda, yaitu oil based cleanser di step pertama dan water based cleanser di step kedua.

Jika ditanya mana yang lebih maksimal untuk membersihkan kulit? Tentu saja double cleansing! Karena saat melakukan double cleansing, kulit akan dibersihkan dari kotoran yang menempel menggunakan oil based cleanser. Kemudian dituntaskan dengan penggunaan water based cleanser untuk memastikan kulit bersih maksimal. 

First cleansing



Di proses first cleansing, kulit akan dibersihkan terlebih dahulu menggunakan oil based cleanser, atau biasa disebut dengan first cleanser. Kotoran, debu, dan makeup umumnya lebih mudah larut dalam minyak, sehingga lebih gampang jika dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan oil based cleanser.

Produk pembersih wajah yang termasuk dalam jenis first cleanser adalah cleansing oil, cleansing balm, micellar water, dan milk cleanser. Semua pembersih wajah yang berbahan dasar minyak masuk ke dalam jenis first cleanser ya!

Second cleansing



Setelah membersihkan kulit dengan first cleanser, kita perlu memastikan kulit sudah bersih dari sisa makeup dan kotoran. Untuk step second cleansing biasa menggunakan water based cleanser atau pembersih wajah berbahan dasar air yang biasa disebut dengan second cleanser.

Produk skincare yang termasuk dalam jenis second cleanser adalah face wash, facial foam, atau cleansing mousse. Penggunaan second cleanser juga membantu untuk membersihkan sisa minyak dari first cleanser yang tertinggal di kulit selama proses first cleansing.

Apa manfaat double cleansing?

Proses double cleansing atau membersihkan kulit sangat penting karena berguna untuk menghapus kotoran, debu, dan makeup dari permukaan kulit. Tapi selain itu, ternyata double cleansing punya manfaat lain yang lebih besar bagi kulit lho! Berikut beberapa manfaat double cleansing yang wajib kamu ketahui:

1. Membersihkan kotoran dan makeup dengan maksimal


Kita sudah menyebutkan fungsi ini sejak awal. Karena tujuan utama melakukan double cleansing adalah agar kulit jadi lebih bersih dari kotoran yang menempel. Lakukan first cleansing dan second cleansing secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

2. Memaksimalkan kinerja skincare


Salah satu manfaat penting melakukan double cleansing adalah untuk memaksimalkan kinerja skincare yang sedang kita gunakan. Skincare akan bekerja dengan baik di kulit yang bersih.

Saat kulit sudah melalui proses double cleansing, pori-pori dan lapisan kulit teratas akan lebih siap menerima kandungan skincare yang kita gunakan. Produk skincare akan meresap dengan baik ke dalam kulit dan membuat skincare bekerja dengan optimal.

3. Mencegah timbulnya berbagai permasalahan kulit


Saat kita tidak melakukan double cleansing, maka kotoran dan debu yang menempel di kulit akan semakin menumpuk. Hal ini akan membuat permukaan kulit kasar dan wajah terlihat kusam karena tidak pernah dibersihkan.

Ditambah dengan adanya sebum atau minyak yang muncul, kotoran dan sebum akan bergerak menyumbat pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo yang mengganggu. Jika sudah muncul permasalahan kulit seperti ini, kamu perlu usaha ekstra untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo. Jadi, jangan malas double cleansing ya!

Kapan sebaiknya pakai double cleansing?


Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai kapan waktu yang bagus melakukan double cleansing. Tapi sebaiknya double cleansing dilakukan saat malam hari setelah selesai beraktivitas.

Oh iya, kamu hanya perlu melakukan double cleansing sehari sekali saja ya! Hal ini berguna untuk mengantisipasi agar kulit tidak kering dan over-cleanse. Karena jika dilakukan secara berlebihan, kulit bisa menjadi lebih kering dan dehidrasi lho!

Sekarang kamu sudah lebih paham kan mengenai double cleansing? Mincun sudah menjelaskannya secara singkat dan jelas, mulai dari tahapannya, manfaat, dan kapan waktu penggunaannya. Jadi, mulai sekarang jangan ada yang malas melakukan double cleansing lagi ya!

Seri basic skincare ini akan berlanjut ke tahapan berikutnya, jadi jangan sampai ketinggalan postingan terbaru Mincun ya! Sampi jumpa di postingan selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama