Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Micellar Water

fakta micellar water

Pasti kita semua tidak asing lagi dengan nama micellar water, kan? Baik kalian itu pecinta skincare atau bukan, Mincun yakin banyak yang tahu atau bahkan pernah mendengar nama micellar water.

Di postingan kali ini, Mincun akan menjelaskan secara rinci mengenai micellar water. Mulai dari sejarah awal, bagaimana cara kerja micellar water, hingga kelebihan dan kekurangan cleanser satu ini. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang micellar water, yuk baca terus hingga akhir!

Sejarah micellar water

micellar water

Mengutip dari Majalah Farmasetika Unpad, micellar water pertama kali ditemukan di Paris. Karena saat itu banyak wanita Paris yang menganggap mencuci muka menggunakan air kran kurang bagus untuk kulit sebab rentan terkontaminasi bakteri.

Sejak awal kemunculannya, micellar water jadi item paling banyak dicari. Bahkan salah satu brand ternama berhasil menjual sebanyak 6 buah micellar water setiap detik di seluruh dunia.

Cara kerja micellar water

micellar water

Seperti namanya, produk ini terbuat dari air yang mengandung surfaktan untuk membersihkan kulit. Surfaktan bekerja dengan menurunkan tegangan, lalu membentuk emulsi dari dua macam cairan dengan kepolaran yang berbeda (air dan minyak).

Berkat adanya surfaktan, micellar water dapat digunakan untuk mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan kulit dengan maksimal. Meskipun teksturnya ringan seperti air, tapi keampuhan micellar water dalam menghapus makeup tidak diragukan lho!

Jenis-jenis micellar water

Tahukah kamu bahwa ada 2 jenis micellar water yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran? Jenis ini berupa cleansing water dan bi-phase micellar water. Wah, jadi apa sih perbedaan keduanya? Fungsinya sama aja atau beda juga ya? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini ya!

1. Micellar cleansing water

micellar water

Jenis micellar water satu ini adalah yang paling banyak dan mudah ditemukan di pasaran. Tampilan produknya seperti air biasa, tapi jangan salah, produk ini bisa membersihkan kotoran dan makeup di kulit dengan ampuh lho! Keunggulan dari cleansing water adalah teksturnya yang ringan dan tidak lengket saat digunakan. Cocok untuk membersihkan kulit sehari-hari.

2. Bi-phase micellar water

micellar water

Berbeda dari cleansing water, bi-phase micellar water merupakan campuran water & oil. Bahasa populernya, ini infused micellar water. Di dalamnya terdapat lapisan minyak, jadi bukan cuma air. Nah, micellar water jenis ini lebih mudah mengangkat makeup waterproof seperti eyeliner, maskara, atau lip tint karena tambahan kandungan minyak. Bi-phase micellar water cocok nih buat kamu yang sering makeup berat.

Kelebihan dan kekurangan micellar water

Jika dibandingkan dengan produk first cleanser lainnya, micellar water tentu saja punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari produk ini adalah harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Bahkan di mini market pun tersedia produk micellar water, tidak seperti cleansing balm atau cleansing oil yang susah dicari.

Sedangkan kekurangan micellar water adalah tidak begitu bagus untuk kulit sensitif. Karena perlu digosok menggunakan kapas saat menggunakan micellar water, jadi ada kemungkinan kulit iritasi akibat gesekan tersebut. Selain itu, beberapa produk micellar water memiliki cleansing power yang lemah. Jadi perlu digunakan berkali-kali untuk memastikan apakah kulit sudah bersih maksimal.

Pembahasan tentang micellar water Mincun akhiri sampai di sini ya! Kira-kira, ada poin pembahasan yang Mincun lewatkan gak ya? Coba tambahin di kolom komentar ya! Kamu bisa cek rekomendasi micellar water yang sudah Mincun kurasi di postingan selanjutnya. Next time, kamu mau Mincun bahas apa lagi nih?



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama